Rabu, 16 Juli 2014

Kenangan di Bulan Puasa - Bagian 7

Pembuatan Bubur..

Ada kebiasaan yang unik dan bagus yang diadakan di Masjid Jami’ yang berlokasi dengan tinggal kami selama bulan Ramadhan. Setiap hari kamis sore, pengurus Mesjid membuat semacam bubur untuk dibagikan kepada yang membutuhkan. Biasanya sekitar jam 2 sore, Pengurus Mesjid sudah mulai mengambil bahan untuk membuat bubur di toko bahan makanan yang berlokasi di simpang stasiun. Saya juga kurang tahu, siapa yang membiayai pembuatan bubur ini.


Setelah sholat Ashar, tungku untuk menanak buburpun langsung diletakkan di pekarangan Mesjid, dan kayu bakar pun ditaruh dibawah tungku. Tinggi tungku ini lebih kurang 40 cm dan diameternya lebih kurang juga 40 cm. Kuali yang besar dan berwarna hitam pun segera di letakkan diatas tungku dan proses pemasakan bubur pun dimulai. 

Menjelang waktu berbuka, banyak orang2 di sekitar Mesjid yang datang sambil membawa mangkuk untuk minta bubur tersebut. Sebagian lagi, bubur tersebut akan dimakan sebagai pembuka puasa di dalam Mesjid. Bentuk bubur nya sedikit agak encer, dan rasanya sedikit agak asin… pokok nya semuanya terasa enak..

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar