Jumat, 18 Juli 2014

Kenangan di Bulan Puasa - Bagian 12

Kue Lebaran

Seperti juga keluarga yang lain, Ibu ku biasa nya sudah mulai membuat kue kering. Ada beberapa kue kering yang menjadi favorite di keluarga kami, antara lain kue selai (nastar), kue bangkit, keripik mumbai, kue kacang dan beberapa lagi yang lain. Ada satu lagi yang menjadi ciri khas di rumah kami yaitu manisan cermin.


Kalau ada rencana mau buat kue ini, biasa nya Ayukku yang perempuan sudah menyiapkan segala sesuatunya mulai pagi hari. Dialah yang menjadi tangan kanan Ibu kalau untuk urusan dapur. Karena kami banyak saudara laki-laki, maka Ayukku inilah yang menjadi andalan untuk urusan buat membuat kue. Nanti kami anak yang laki2 membantu mencetak kue nya atau memanggang kue nya di oven atau sekedar ikut meramaikan. Atau juga kadang2 menjadi pengganggu yang lagi buat kue. … asyik…. 

Biasanya kue ini dibuat untuk sebanyak satu gelok kaca (topless). Jika nanti ada lebih nya, maka akan dimakan untuk  berbuka puasa. Biasanya selalu ada lebih nya, karena Ibu kami tahu kalau anak2 nya sangat senang makan kue buatannya yang sangat enak itu.…he..he..  

Kue yang sangat aku sukai tentu saja kue selai dan kue bangkit. Sampai beberapa tahun belakangan ini, Ibu kami masih membuatkan kue selai (nastar) dan kue bangkit untuk kami anak2 nya ketika lebaran tiba. Tapi sekarang, beliau sudah uzur, dan sudah tidak kuat lagi untuk membuat kue dan memanggang kue di oven. Kue nastar nya cukup di beli di Pasar saja walapun tidak seenak buatan Ibu ku. Aku juga tidak bisa menemukan orang yang jualan kue bangkit seperti yang biasa dibuat oleh Ibu ku.

Kue2 kering ini bisa dibuat  agak jauh hari sebelum hari lebaran karena relatif tahan lama. Sedangkan kue basah dibuatnya setelah agak dekat ke hari lebaran, biasa nya minggu terakhir di bulan puasa. Kue basah yang manjadi favorit ku adalah bolu lapis. Sampai sekarang pun itu tetap menjadi makanan favorit ku. Kue2 basah ini akan terasa menjadi lebih enak ketika dimasaknya menggunakan oven yang menggunakan arang, bukan oven listrik. Disamping bolu lapis, Ibu ku biasanya membuat kue basah yang lain seperti juadah basah dan yang lainnya.


Biasanya kue-kue yang dibuat orang tua kita dulu tidak menggunakan bahan kimia untuk pewarna nya.Mereka hanya menggunakan bahan2 yang alami sehingga lebih aman untuk di konsumsi. Tidak juga menggunakan kimia untuk pengawet nya.

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar