Selasa, 15 Juli 2014

Kenangan di Bulan Puasa - Bagian 6

Tidur di Pance…

Rumah orang tua kami berbentuk rumah panggung dengan ketinggian tiang lebih kurang 1 hingga 2 meter. Ketinggian tiang yang berbeda dikarenakan bentuk kontur tanah yang tidak datar, sehingga di satu sisi, tinggi tiang nya hanya sekitar 1 meter sementara disisi yang lain bisa mencapai ketinggian sekitar 2 meteran. 

Kondisi rumah panggung sebetulnya sangat menguntungkan karena menjadikan rumah relative lebih dingin karena ada ruang dibawah bangunan tempat udara mengalir.

Disalah satu bagian tanah yang landai dibawah rumah, dipasang Pance untuk tempat tiduran dan duduk2 santai. Pance ini semacam bangku yang terbuat dari bamboo yang di daerah lain mungkin disebut bale-bale. Dibuat dengan ketinggian lebih kurang 40 cm, lebar sekitar 150 cm dan panjang lebih kurang 200 cm, Pance ini menjadi sasaran ku untuk tidur2an ataupun tidur betulan. Diluar bulan suci pun, Pance ini menjadi tempat yang nyaman apalagi di ketika bulan suci. 

Biasanya ketika sedang tidak ada aktifitas atau lagi malas untuk luar rumah di siang hari, Pance menjadi istana yang menyenangkan….

Bersambung.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar